Kamis, 22 Maret 2012

Merancang Sistem Informasi Sederhana

Tugas Praktikum Anapersis

Ingin berbagi,,namun kali ini berbagi dalam segala hal kekurangan. Bukan merupakan kelebihan, karena jika dipertimbangan melalui tolok ukur penilaian, hasil dari proses pengerjaan tugas ini sangat tidak sempurna.

Bagaimana ERD,DFD dan Konseptual Deskripsi Sisitem Informasi akan dijabarkan . . .
come on go . . . open spoiler for view DFD's

DFD 0:








DFD 1:











DFD 2:









DFD 3:










ERD :

ERD:







Jika Gambar Tidak Jelas Terlihat,,silakan Klik kanan pada Gambar kemudian Open Link New Tab.


Kemudian anda dapat melihat Deskripsinya :
 yang dibuat standard saja :)

Open Spoiler , , ,

Deskripsi:
Deskripsi Bisnis :
Rumah Makan Menyediakan Pelayanan berbasis teknologi Informasi. Rumah Makan ini mempunyai cabang dibeberapa kota di Indonesia yang semua sistemnya terintegrasi dengan system informasi pusat. Setiap cabang akan menyampaikan laporannya ke pusat system yang menjadi pengendali semua system.
Perlu adanya pendefinisan mengenai apa dan siapa yang terlibat dalam sebuah system ini. Diantaranya adalah : Pelaku, Kegiatan, serta Objek-objek yang saling berkaitan.
Dari sudut pelaku dalam sebuah system terdapat Pengunjung, Pelanggan, Pegawai, dan Cheff.
Dari Sudut Kegiatan mencakup, proses kunjungan, order/pemesanan, pembayaran, registrasi untuk menjadi pelanggan, kerjasama dengan pihak lain sperti supplier, banking, penyedia layanan/provider dan sebagainya.
Objek-objek yang saling berkaitan seperti Divisi-divisi yang ada, Managemen yang seperti apa dan sebagainya.

Jika 3 hal diatas di Expand lebih dalam, akan seperti berikut ini :
1. Pelaku
Pengunjung adalah orang yang datang mengunjungi rumah makan padang dengan niat untuk order makanan, dan jika tertarik dapat bergabung untuk menjadi member.
Pelanggan adalah pengunjung rumah makan yang telah tergabung didalam system, sehingga data pelanggan sudah tersedia didalam system. Bagi pelanggan akan diberi pelayanan yang optimal serta kortingan harga yang special berdasarkan promo yang diberikan.
Pegawai merupakan orang-orang yang bekerja pada rumah makan padang ini. Yang termasuk dalam pegawai adalah Pelayan, Security, Administrator, Kasier, Cleaning Service, Costumer Service, kurir juga termasuk Manager, Supervisor, Kepala Bagian dan Direktur.
Semua menjadi struktur organisasi yang membentuk kesatuan system dan mengelola system sabagai pelaku utama.
Cheff tidak termasuk pegawai, karena Cheff dsini adalah Koki/Juru Masak yang ahli/professional. Cheff merupakan partner Perusahaan (Rumah Makan Padang) sebagai orang yang special dan mendapat perlakuan yang special. Cheff dapat menjadi Cheff Tetap, Cheff Sewaan, Cheff Sementara/Kontrak.
Tingat Cheff juga dibedakan, ada yang namanya Kepala Cheff/ Senior Cheff serta Junior Cheff.

2. Kegiatan
Proses kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung menjadi tahapan awal bahwa Rumah Makan Padang telah mendapatkan rating karena ada pengunjung yang masuk.
Pengunjung ini dapat menjadi Pelanggan jika Sering Mengunjungi Rumah Makan Padang ini dengan syarat mendaftar terlebih dahulu.
Pengunjung/Pelanggan dapat memesan makanan/minuman baik itu Order Di Tempat maupun Order Delivery. Yang semua fasilitas akan dilayani oleh pegawai RM Padang ini.
Kerjasama dengan pihak lain seperti supplier juga menjadi factor kebutuhan sebagai suplly bahan utama dari Perusahaan Rumah Makan yang pastinya adalah bahan baku makanan yang setiap harinya dikontrol penuh oleh tim ahli perusahaan serta mendapat lisence dari BPOM RI bahwa telah lulus uji Kelayakan makanan yang berstandard International.
Selain itu dari segi financial, perusahaan RM Padang bekerja sama dengan Perbankan sebagai debit-kredit dalam urusan modal usaha, serta transaksi pembayaran yang diakukan oleh pelanggan. System ini juga dapat mengintegrasi pelanggan yang mempunyai ID pada nasabah Bank tertentu sehingga bisa degenerate kedalam system Informasi Perusahaan RM Padang.
Penyedia Layanan/Provider merupakan tambahan Service bagi pelanggan. Dalam hal ini tersedianya jaringan kusus bagi pelanggan sehingga dapat berkomunikasi secara bebas tanpa batas.
3. Objek-objek Vital
Untuk melaksanakan system yang baik dan terintegrasi, maka diperlukan struktur yang dapat mengelola kebutuhan-kebutuhan vital pada Sistem Informasi. Semisal dibentuknya Divisi-divisi serta staff-staff dalam organisasinya.
Diantaranya seperti : Managerial, Divisi Pengawasan, Divisi Marketing, Divisi Ordering, Divisi Security, Divisi Cleaning Service, Divisi Costumer Care dsb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar