Senin, 02 April 2012

EMERGENCY

Salam sobat pembaca,

Pernahkah anda mempunyai kisah inspiratif yang mampu mebangkitkan semangat hidup anda?
Pernahkah anda membayangkan bahwa sesuatu yang menjadi ciri khas anda adalah sebuah karya unik yang tidak bisa disamakan dengan hal lain meskipun ada kaitannya sedikit atau banyak?

Dalam hidup ini begitu banyak hal telah kita lewati, termasuk bagian-bagian unik yang menjadi catatan sejarah perjalanan kisah kehidupan kita.
Apapun yang kita lewati, semua itu adalah jalan yang diberikan Tuhan kepada kita.
Semua yang terjadi sudah menjadi rencana-Nya yang tidak pernah kita ketahui apa maksud dari rencana itu karena semua hal didunia ini merupakan misteri yang tiada seorangpun tahu kapan itu akan terungkap.

Begitu juga dengan ilmu pengetahuan manusia di Bumi, walaupun telah banyak para ilmuwan ahli dengan penemuan-penemuan yang menakjubkan, tetapi itu hanya seper sekian juta dari hal menakjubkan yang diciptakan Tuhan.
Bayangkan dalam sebuah galaksi yang terdapat miliyaran bintang dan planet yang berpijar dan mengorbit. Tak ada yang pernah mengetahui sumber kehidupan selain kehidupan di Bumi yang dihuni umat Manusia.

Semua itu hanyalah setitik kehidupan yang kita jalani, mari kita kembali menelusuri kedalam diri kita masing-masing mengenai hal yang telah kita jalani. Apakah dapat bermanfaat bagi kita? dan apakah dampaknya bagi orang lain?

Mengenai aktualisasi diri, seseorang yang mempunyai naluri tentuntunya menginginkan serangkaian proses dimana perjalanan hidupnya tidak membosankan. Dengan demikian orang akan berpikir apa yang akan dikerjakan untuk memperoleh kebahagiaan.



Kebahagiaan dapat diperoleh dengan berbagai cara, tergantung dari sudut pandang peminat kebahagiaan. Pemikiran yang kompleks dan tuntutan hidup yang rumit terkadang membuat kebahagiaan orang menjadi hancur sehingga timbul suatu dampak yang dinamakan frustasi yang dapat berujung pada penyesalan dan kehancuran masa depan.

Hal tersebut merupakan efek negatif yang HARUS dihindarkan dari kehidupan kita, apalagi kita dan sobat pembaca merupakan golongan yang terlahir dari kalangan orang terdidik dan mempunyai ilmu akademis, moralis, spiritualis dan Agamis. Semua unsur penting pembentuk kepribadian seseorang jangan sampai terlewatkan apalagi sebagai makhluk mandiri yang mempunyai rukun sosial di Masyarakat yang harus dipertahankan untuk terus berkembang menjadi sosok pribadi yang menjadi kegaguman bagi pribadi-pribadi lain baik yang mengenal maupun yang belum mengenal.

Kehidupan ini sperti sebuah PC Komputer,, tanpa energi tak akan bisa hidup,, tanpa kendali tak akan bisa berfungsi,, tanpa pelaku tak akan bisa mencetak program yang bagus,, tanpa perhatian akan menjadi lusuh,, tanpa jaringan tak akan bisa terhubung,, tanpa perangkatdengan spec tinggi tak akan menjadi mewah dan kuat.. Dan pada suatu saat akan menjadi Hancur tak berfungsi karena termakan usia dan penurunan kualitas.

Pikirkan kembali hal-hal yang menjadi faktor pendorong penyemangat kehidupan,, apapun yang kita lakukan akan menjadi proyek pribadi yang tentunya berkesan pada saat kita mengingatnya kembali.

Sebuah pemikiran yang saya selami dari makna kehidupan memberikan inspirasi tersendiri bagi saya sebagai pembangkit suasana untuk terus berusaha menjalani kehidupan yang begitu rumit.
Terkadang saya jatuh dan dalam kondisi yang Darurat berusaha bangkit agar tidak tertinggal dari yang lain.

Darurat adalah EMERGENCY jika dalam translate nya.
kata emergency merupakan penggabungan dari beberapa kata yang dikonsep berdasarkan apa yang menjadi faktor kebutuhan saya untuk.
berikut adalah penjabarannya :

E = Energy
M = Motivation
E = Experience
R = Regulation
G = Generality
E = Emotion
N = Nation
C = Conceptual
Y = Yahweh

Filosofi berdasarkan penjabaran dari masing-masing Kata dimulai dari Energy yang merupakan supply power untuk memberikan kekuatan pada setiap aktivitas yang dikerjakan.
bayangkan jika dunia tanpa energy,,wahh mungkin artikel ini tidak pernah ada terpikirkan. bukan begitu? tentu begitu bukan,,hha hha... Jadi selalu diingat untuk tetap memiliki cadangan energy agar aktivitas dapat berjalan lancar.

Kemudian Motivasi, merupakan impuls yang memberi rangsangan kepada psikologis diri untuk bangkit menjalani kegiatan dengan prinsip iklas,cerdas,dan keras. semua itu unsur dari prinsip kerja yang terus dikembangkan untuk mencapai hasil yang optimal.

Selanjutnya Experience adalah Pengalaman, seringkali ada filosofi mengatakan bahwa guru yang paling baik adalah pengalaman, karena dari pengalaman kita bisa belajar banyak dan banyak belajar. maka jadikanlah sebuah pengalaman itu sebuah catatan sejarah yang bisa saja terulang dan bisa saja menjadi pertimbangan untuk masa depan.

Berikutnya Regulation atau biasa disebut Regulasi atau artinya adalah Peraturan. semua memerlukan aturan, aturan dapat ditegakkan dengan berbagai analisa yang mengharuskan adanya suatu aturan. Untuk pribadi sendiri, kita mesti ada aturan. Yang mempunyai pendidikan pasti mengenal aturan, aturan itu bisa darimana saja datangnya. Ada yang namanya peraturan Eksternal dan Peraturan Internal. Peraturan Eksternal adalah peraturan dari luar diri kita, sedangkan Peraturan Internal adalah peraturan dalam diri kita. Sifatnya peraturan ini dapat mengikat dan dapat bebas. untuk memulai suatu kondisi, maka mesti ada suatu prosedur yang menjadi aturannya. Untuk itu proses Algoritma jangan sampai terabaikan, apa yang akan kita lakukan harus terstruktur untuk mencapai tujuan yang jelas,

Selanjutnya adalah Emotion atau Emosi. Emosi dimiliki oleh semua makhluk di dunia ini tanpa terkecuali, dengan emosi kita dapat menyalurkan berbagai apresiasi yang ada dalam diri kita.
Emosi sendiri memiliki beberapa turunan yang mungkin terkadang terlewatkan dalam pikiran kita.
emosi menyangkut pada semua rasa yang kita miliki seperti Amarah, Nafsu, dan Naluri/Perasaan.
Amarah menghasilkan rasa benci, dendam, kemarahan, ...
Nafsu menghasilkan kecerobohan, pikiran kotor, kemunafikan, ...
Naluri/Perasaan menghasilkan rasa cinta, sayang, sabar, sedih, gembira, ...
semua itu adalah Emosi yang terdapat dalam diri seorang manusia.
tentunya semua sobat pernah merasakan dan meluapkan emosinya bukan?

Nation,, nah prinsip ini merupakan prinsip yang mendeklarasikan diri kita sebagai makhluk sosial yang saling berinteraksi dengan individu lain tanpa terkecuali. Ada suatu filosofi dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Jika kita telah menentukan dan berbuat sesuatu hal, maka bersiaplah untuk memegang tanggung jawab itu.

Conceptual,,merupakan pemikiran yang mempunyai visi kedepan tentang hal-hal yang akan dijalani.
Segala kegiatan mesti di konsep dengan analisa yang cerdas. Baiknya dari sebuah konsep adalah untuk mencegah hal-hal yang terprediksi buruk akan terjadi.

YAHWEH adalah TUHAN,, tanpa tuhan tidak ada kehidupan. Sebagai manusia , maka kita hendak senantiasa bersyukur kepada TUHAN atas segala pemberian yang telah kita terima.

Sekian penjelasan singkat mengenai apa yang menjadi sebuah landasan pemikiran saya sebagai seorang yang masih perlu banyak belajar mengenai kehidupan.
Semoga ini dapat menjadi motivasi bagi sobat pembaca.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar